((A)). Hardware
POWER SUPPLY
Berupa kotak
tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap CPU Komputer dan
memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada di
dalam CPU. Power supply ini juga memasok listrik energi untuk satu atau lebih
beban energi.
Fungsi
- Mengubah tegangan AC menjadi DC
- Menyuplai tegangan listrik DC ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard.
- Mengendalikan arus listrik/tegangan agar tetap terjaga.
MOTHERBOARD
Berbentuk
papan (board) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang
bisa dipasangkan untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, sound card,
display adapter, dan sebagainya. Di antara slot pada mother board, terdapat
slot yang khusus digunakan untuk pemasangan prosesor yang dinamakan soket dan
slot 1. Motherboard memiliki beberapa jenis soket yang berbeda-beda, sesuai
dengan perkembangan jenis prosesor.
Fungsi
- Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor,memori,sound card, vga card, dsb.
- Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam komputer.
- Mengatur daya listrik pada setiap komponen pada motherboard
PROSSECOR
(CPU)
Adalah
komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan otak dan
pengendali proses kinerja komputer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan
kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin
besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer.
Fungsi
- Tempat mengatur semua instruksi program pada komputer.
- Pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.
HARDDISK
Adalah
komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang
mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan
komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat.
Fungsi
- Salah satu alat booting computer.
- Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer
- Media penyimpanan semua data dalam kapasitas yang besar pada komputer
VIDEO
ADAPTOR (GPU)
Merupakan
komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan
peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis
dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer
saat ini, telah didesain komponen hardware video adaptor dengan memiliki
prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan
memori internal sehiingga beban kinerja prosesor utama menjadi lebih berkurang.
Fungsi
- Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitor
- Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik.
- Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows) dan software aplikasi 2D dan 3D
- Menunjang penggunaan computer untuk games yang saat ini sudah banyak berbasis pada software games 3D
- Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD dan DVD
SOUND CARD
Merupakan
komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCB
card (printed circuit board) yang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan
memiliki empat komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.
Fungsi
- Mengolah data berupa audio atau suara.
- Sebagai penghubung output audio ke speaker
- Sebagai penghubung input suara ke computer melalui mikrofon.
HEATSINK FAN
(HSF) atau COOLING DEVICE
Merupakan
peralatan pendingin yang berbentuk kotak atau bulat, yang terbuat dari bahan
alumunium dan di atasnya terdapat kipas yang akan berputar saat computer
menyala. HSF menjadi kebbutuhan pokok dalam computer karena hampir semua
komponen hardware computer di dalam casing menggunakan HSF masing-masing, mulai
dari prosesor, VGA card, dn Harddisk yang berlomba-lomba memberikan fasilitas
komponen HSF yang berkualitas tinggi dalam bersaing di pasaran.
Fungsi
- Pendingin pada hardware yang di atasnya diletakkan HSF.
- Prosesor tidak akan berfungsi jika tidak ada heatsink fan di atasnya.
- Penyerap panas yang dihasilkan oleh prosesor saat bekerja dan dilengkapi dengan kipas pendingin di atasnya agar suhu pada prosesor tetap stabil.
- Penjaga sirkulasi udara di dalam casing.
CASING
Adalah otak
pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware pemrosesan yang berfungsi
melindungi komponen hardware dari gangguan luar. Pada umumnya casing sering
disebut dengan CPU.
Fungsi
- Tempat meletakkan komponen hardware, misalnya power supply, motherboard, floppy disk, CD-Rom, DVD-Rom.
- Penentu kinerja sistemkarena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware.
- Pendukung tampilan computer. Jika casing memiliki desain yang menarik, seseorang akan lebih senang dan bersemangat untuk bekerja dengan computer.
Software
Merupakan
program yang berisi instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk
melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara.
Sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
((B)).
Software
1. Sistem
Operasi
Operating
system (OS) atau yang sering di sebut sistem operasiadalah sekumpulan perintah
dasar yang berperan untuk menjalankan dan mengoperasikan komputer .
Sistem
Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
- Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
- Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
- Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
- Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
- Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Sebagian
Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu
waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan
beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem
Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya
keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar
dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem
Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi
manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS,
sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Windows, Linux, Free
BSD, Solaris,palm, symbian, dan sebagainya.
Perkembangan
Sistem Operasi
Perkembangan
sistem operasi Berawal dari altair,yaitu perangkat komputer pertama pada tahun
1975 yang menggunakan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan
microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada
tahun 1981 sampai MS-DOS versi 5.0 pada tahun 1991 dan sampai sekarang ini
microsoft telah mengeluarkan beberapa sistem operasi mulai dari
Ms-windows,windows97,windows98,windows98Me,Windows2000.Windows ME,Windows XP
dan yang paling terbaru adalah windows vista yang terkenal dengan tatatp
mukanya
2.
Aplikasi
Aplikasi
Komputer atau Aplikasi Software adalah Program komputer yang ditulis dalam
suatu bahasa pemrograman dan dipergunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
Contoh
aplikasi computer :
Aplikasi
Grafik
Aplikasi
komputer grafik awal perkembangannya dimulai pada akhir tahun 1950-an dan awal
1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah
gambar yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu.
Ada 2 cara
nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke dalam komputer menjadi suatu
aplikasi, yaitu :
- Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.
- Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.
·Animasi
Merupakan
bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu
obyek. Untuk mencapai efek tersebut, animator harus membangun rangkaian
frame/gambar dari sebuah subyek, yang setiap frame berikutnya sedikit berbeda
dari frame sebelumnya.
Sebenarnya
terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis
komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). Satu daripada
tekniknya ialah dengan mencipta objek yang kemudian disesuaikan dan digerakkan,
di mana akhirnya akan menghasilkan animasi 3D yang lengkap. Fungsi lain untuk
mencipta animasi komputer ialah dengan menggunakan alat pengecatan komputer
yang standard untuk mengecat frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses
penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar (movie).
Aplikasi Web
Merupakan
bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan
pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world
wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang
menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
WWW adalah
aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat
penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut "The Killer
Application" atau "the world is at your fingertip" karena kita
bisa mendapatkan hasil dengan begitu mudah dan bukan sekadar teks yang bisa
kita dapatkan namun gambar (images), maupun multimedia.
· Aplikasi
Pendidikan
* Computer
Assisted Instruction (CAI)
Komputer
secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar
ataupun buku.
Beberapa
aplikasi CAI adalah :
- Drill and Practice
- Tutorial
- Simulasi
* Computer
Managed Instruction (CMI)
Para
pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan
kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer,
membaca, dan ujian.
DBMS
Komputer
juga dapat digunakan secara efektif dalam bisnis managemen. Melalui
komputerisasi data base management system (DBMS) dan SIM, seorang manajer atau
eksekutif perusahaan dapat dibantu dalam membuat keputusan tentang seluruh
operasi bisnisnya dan dapat memberikan bimbingan dan instruksi kepada
bawahannya.
- Aplikasi untuk kelas tertentu
- Air Traffic Control System
- Airline Reservation Systems
Setiap
bisnis, besar atau kecil, memproses sejumlah data yang besar dalam operasi
hariannya. Data diperoleh dari payroll, faktur customer dan rekening keuangan,
inventaris manajemen, dan rekening biaya customer yang semuanya harus
dikalkulasi, disimpan, diklasifikasikan, disortir, diretriev, diproses kembali,
dilaporkan, dikomunikasi dan disebarkan pada suatu waktu. Pemrosesan data
seperti itu dikenal sebagai Business Data Processing atau Data Processing (DP).
Jika pemrosesan ini dilakukan dengan komputer, hal ini dikenal dengan
Electronic Data Processing (EDP).
((C)).
Programming
Bahasa
Pemrograman adalah suatu sistem komunikasi yang berupa instruksi-instruksi (
perintah ) untuk menyelesaikan masalah. program pasang pada sebuah sistem
komputer untuk mengerjakan / menjalankan perintah-perintah yang ada dalam
program tersebut untuk memberikan sebuah hasil atau output seperti yang
kehendaki.
dalam
pengertian luas, pemrograman meliputi seluruh kegiatan yang mencakup pembuatan
program, perencanaandan perwujudan. arti sempitnya pemrograman merupakan
pengkodean atau sering di istilahkan dengan Coding, dan juga pengujianberdasarkan
rancangan tertentu. Pengelompokan Bahasa pemrograman sebagai berikut : Bahasa
Mesin ( GENERASI PERTAMA ) adalah bahasa internal komputer yang meng-ekskusi
secara langsung tanpa translation. bahasa Mesin merupakan bahasa pemrograman
yangpaling awal, dikembangkan tahun 1940 sampai 1950-an bentuk bahasa
pemrograman masa ini masih memiliki banyak kelemahan diantaranya menyita waktu
dan bersifat kondusif untuk membuat sebuah kesalahan tidak standart dan sangat
bergantung pada komputer, karena akan memiliki perbedaan pada setiap komputer
((D)). Data
Dalam ilmu
komputer, data adalah informasi yang cocok digunakan dengan komputer.
Datasering dibedakan dari program. Program sendiri adalah kumpulan instruksi
tentang detil pekerjaan yang harus dilakukan komputer. Sedangkan data adalah
segala sesuatu yang bukan merupakan kode program namun digunakan dalam
komputasi program.
Contohnya :
- Data dokumen teks. File ini biasanya hasil dari aplikasi pengolah teks atau tulisan dan ditandai dengan ekstensi .doc, .txt, . xls, .ppt, .rtf, dan lain sebagainya.
- Data dokumen digital. File-file ini merujuk pada dokumen digital yang saat ini sangat populer di dunia, seperti .pdf misalnya.
- Data gambar atau digital image berjenis bitmap. Pada umumnya file-file ini berekstensi .bmp, .png, .jpg, .gif, .ico, dan lain-lain.
- Data gambar digital berjenis vektor. File-file ini diciptakan oleh software desain grafis berbasis vector seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator. Beberapa ekstensi yang cukup terkenal antara lain .cdr, .ai, .eps, dan lain sebagainya.
- Data multimedia. Tipe data ini berbentuk video ataupun audio, dan dapat dikenali dengan ekstensinya seperti .mp3, .wav, .mpg, .wmv, .avi, dan sebagainya.
- Data system. Sistem operasi seperti Windows sangat bergantung dengan tipe file ini, yang ditunjukkan dengan ekstensi .com, .exe, .sys, .dll, .ini, dan sebagainya.
- Data video yang diambil menggunakan ponsel. Saat ini, video-phone sangat populer sehingga sangat mudah ditemukan file-file yang merujuk pada teknologi video ponsel ini seperti misalny .3gp, .mp4, dan lain sebagainya.
D. User
User adalah
bagian yang sangat penting dari sebuah sistem opreasi, karena user adalah
komponen dari sistem komputer yang dihubungkan oleh sistem operasi agar dapat
mengerjakan perintah-perintah atau instruksi-instruksi yang diberikan oleh
user.User berperan penting karena user adalah pemegang kekuasaan penuh terhadap
sistem operasi, apabila terjadi kesalahan instruksi maka sebuah sistem operasi
bisa mengalami crash atau kerusakan. Dalam linux user terbagi menjadi dua
bagian, yaitu super user (root) dan user biasa yang termasuk dalam
golongan/group users. User root adalah Super User dalam sebuah sistem linux,
setiap mesin linux pasti mempunyai user root, user ini sangat tidak dianjurkan
untuk pemakaian sehari-hari dikarenakan user ini memiliki semua akses ke semua
system file dalam linux. Ini akan sangat berbahaya apabila terjadi kesalahan
dalam pemakaiannya.