Minggu, 26 Januari 2014

Buah Manggisku Sayang

Buah manggis merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pohon manggis pada umumnya dapat tumbuh setinggi 7 sampai 25 meter dan harus ditumbuhkan di lingkungan yang hangat dengan paparan suhu di bawah -40 (4oC). Saat matang, kulit buah manggis berwarna ungu kemerahan. Kandungan nutrisi yang dimiliki buah ini cukup lengkap, antioksidan pada buah ini dapat membantu tubuh dalam menangkal efek radikal bebas dan mencegah tubuh kita mudah terserang pernyakit.
Kulit buah manggis memiliki berbagai bahan kimia organik, diantaranya adalah Xanthone dan asam tannic. Penelitian ilmiah yang pernah dilakukan terhadap buah manggis menunjukkan bahwa beberapa bahan kimia dalam kulit manggis memiliki beberapa manfaat dalam pengobatan penderita kanker, leukemia, kanker usus besar dan lain-lain. Penelitian lain juga berhasil membuktikan bahwa tanaman ini memiliki kandungan santon (semacam antioksidan) sejumlah 20 jenis yang sangat berguna sekali dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita.


khasiat buah manggis


Tak hanya sampai di situ, penelitian lainya juga membuktikan adanya kandungan antioksidan, anti-bakteri, aktivitas anti-tumor dan juga anti-inflamasi pada buah manggis. Antioksidan pada buah manggis akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas serta membunuh bakteri, virus dan jamur di dalam tubuh. Dengan semua fakta di atas, maka tidak perlu diragukan lagi jika buah manggis merupakan salah satu “Buah Super” yang wajib ada di dalam kulkas untuk kita konsumsi secara rutin. 

Mungkin manfaat buah manggis saat ini belum banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat pada umumnya hanya menggunakan buah manggis sebagai konsumsi makanan biasa. Namun dibalik rasanya yang manis dan lezat, ternyata buah manggis memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Salah satu diantaranya yaitu buah manggis dapat mencegah beberapa penyakit ganas seperti kanker. Mengkonsumsi buah manggis secara rutin dapat menurunkan resiko terserang penyakit paling mematikan tersebut. Bahkan beberapa orang yang telah merasakan khasiat dari buah ini sering menjuluki buah manggis sebagai ratu dari segala buah, karena memang buah ini memiliki kandungan manfaat yang luar biasa.  Bagi anda yang memilki kegiatan atau pekerjaan yang sangat padat, buah manggis ini dapat membantu anda meningkatkan energy tubuh supaya tetap berfungsi maksimal saat melakukan aktivitas.


manfaat buah manggis
Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat buah manggis yang mungkin bisa berguna bagi kesehatan tubuh anda.
  • Mencegah atau bahkan menyembuhkan penyakit-penyakit ganas seperti kanker, diabetes, dan serangan jantung.
  • Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Menjaga tubuh dari berbagai macam radikal bebas.
  • Menurunkan kadar kolesterol berlebih pada tubuh.
  • Cocok digunakan untuk anda yang sedang melakukan diet
  • Mengatasi berbagai macam gangguan pernafasan.
  • Bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel-sel leukemia.
  • Menjaga saluran kencing agar tetap berjalan lancar dan normal.
  • Mencegah penyakit gangguan mata seperti katarak dan sebagainya.
  • Mengatasi dan menghancurkan batu ginjal yang bersemayam pada tubuh.
Beberapa manfaat buah manggis yang telah disebutkan di atas mungkin bisa sangat bermanfaat bagi anda. Disarankan bagi anda yang ingin memiliki tubuh  bugar dan sehat untuk mengkonsumsi buah manggis minimal 3 kali dalam seminggu. Hal unik lain dari buah manggis adalah buah ini merupakan satu-satunya  buah yang tidak akan busuk meski didiamkan berminggu-minggu di atas tanah. Jadi bagi anda yang berniat membeli buah manggis tidak perlu khawatir buah ini akan membusuk atau tak layak dimakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar